Breaking News

Monday, January 22, 2018

Ekstrak Data Instagram dengan Spreadsheet

[INFO STATISTICS]

Hallo gaes
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara mendapatkan data dari sosial media dengan mudah menggunakan Spreadsheets.  Posting kali ini kita gunakan bahasa Indonesia aja ya wkwkwk :D 

Sebelum kita mulai mari kita pengenalan dulu mengenai Spreadsheets.
Spreadsheets merupakan tools hitung yang disesiakan oleh google. Ini merupakan dokumen yang menyimpan data dalam grid baris (row) horisontal dan kolom (column) vertikal. Baris biasanya diberi label menggunakan nomor (1, 2, 3, dll), sementara kolom diberi label dengan huruf (A, B, C, dll).

Lokasi baris / kolom individu, seperti C3 atau B12, disebut sebagai sel (cell). Setiap sel dapat menyimpan setiap contoh yang unik dari data. Dengan memasukkan data ke dalam spreadsheet, informasi dapat disimpan dengan cara yang lebih terstruktur daripada menggunakan teks biasa struktur baris / kolom juga memungkinkan data yang akan dianalisis menggunakan Formula  

Program spreadsheet dapat menganalisis data dengan menghitung jumlah orang yang tinggal di kode pos tertentu, daftar semua orang yang makanan favoritnya sate, atau melakukan perhitungan lainnya. Dengan cara ini, spreadsheet mirip dengan database.
Untuk memulai mendapatkan data dari social media, pastikan search engine google chrome ataupun mozila firefox sudah terbuka. perhatikan langkah berikut :

  1. Buka Google Crome kemudian ketik Spreadseets pada bagian search google. 
  2. Open link yang muncul pertama di google >> klik go to google sheet .
  3. Kemudian setelah jendela spreadsheet terbuka maka klik blank atau icon (+) untuk memulai lembar kerja baru.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut :

  5. Langkah selanjutnya klik add-ons yang ada dibagian menu bar spreadsheet kemudian pilih get add-ons kemudian cari "instagReader" dan tambahkan kedalam add-ons. Tools ini berfungsi untuk eksrak data dari instagram.
  6. Setelah tools ditambahkan, gunakan tools tersebut pilih "InstagReader" kemudian "Open Sidebar".
  7. Langkah selanjutnya akan muncul menu di samping kanan layar PC anda. pada bagian tersebut terdapat dua pilihan profil atau post. Keduanya memiliki fungsi sama, perbedaanya terletak pada bagian tanggal post saja. Dalam tools ini ada beberapa pilihan untuk ekstrak data dari instagram.

  8. Kali ini kita akan pilih post untuk mengekstak data dari instagram. Tuliskan nama account instagram yang akan diekstrak misalnya "jokowi". Atur tanggal post sesuai dengan keinginan anda. klik get post data.


  9. Hasil Akhir akan muncul seperti tampilan berikut :
  10. Setelah semua data di ekstrak, anda bisa download dala bentuk file .xlsx. Kemudian dari data tersebut dapat dianalisis dengan meggunakan tools statistics misal dengan R, SPSS, Python, Excel dan sebagainya.
Untuk post kali ini cukup dulu ya, untuk langkah analisis akan dilanjutkan padapostingan berikutnya. 
jangan lupa like and share .Thanks


1 comment:

  1. Hi kak mau tanya, saat saya coba kok account name doesn't exist yaa

    ReplyDelete

Copyright by INFO STATISTICS